Skip navigation

Pernah suatu saat temen saya seorang guru tanya-tanya harga printer, soalnya dia mau beli printer buat sekolahnya. Printer lama IP1880 udah KO. Gejalanya, awalnya tinta hitam gak muncul sama sekali sekalipun udah di rendam dengan berbagai macam larutan. Gejala berikutnya printernya selalu macet pas kertas sudah masuk dan cartridge siap untuk menulis.

Sudah dicoba service kemana2, jawabannya satu. Nyerah..

Muncul juga “naluri penjelajah” saya untuk membongkar printer itu. Sebenarnya saya gak berani, tapi karena dia sudah berfikir untuk membeli printer baru, artinya apapun yang terjadi dengan printer itu nantinya tidak akan ada pertanggungjawaban yang diminta dari saya. :) :)

Pertama saya coba ritual reset printer yang sudah sering kita praktekkan. Manual dan software. Entah kenapa printer tiba2 jalan, tapi tinta belum juga mau keluar. “gak papalah, yang penting udah bisa jalan, berarti ada harpan”, pikir saya, hehe..

Kedua, cartridge saya rendem pake air anget (gak tau, saya termasuk yang percaya air anget lebih mujarap ketimbang obat celup cartridge yang biasanya, dan gak tau juga kok saya sering berhasil). Sekali rendem, masih gagal. Yang kedua, gagal juga. Coba lagi rendem ketiga kalinya dan agak lama, muncul tinta dikiiit banget. Setelah itu percobaan rendeman selanjutnya tidak ada peningkatan hasil. “gak papalah, yang pentng udah mau keluar dikit, berarti ada harapan”, pikir saya, hehe..

ketiga, (karena alasan tidak perlu pertanggungjawaban di atas), saya nekad buka cartridge. Saya congkel tutup cartridge (warna abu2) dari badannya (warna hitam) dengan memakai pisau dapur. Cepluuk.. Terlepas juga tutupnya dan untuk kali pertama saya ngerti isi sebuah cartridge yang kata orang2 service komersil “tabu” untuk dibuka. Ternyata isinya hanya sebuah busa penyerap yang agak keras. Busa itu saya keluarkan lalu saya bersihkan dengan saya rendem (lagi2 pake air anget). Sekiranya sudah bersih saya keringkan busa itu kemudian saya kembalikan ke badan cartridge dan tutupnya saya lekatkan dengan isolatip. Kemudian saya isi setengah penuh cartridgenya. Dan akhirnya saya coba.. pertama kali belum begitu berhasil, terus setelah saya pancing dengan deepclean, hasilnya : Nyaris Sempurna…

Alhasil, temenku gak jadi beli printer baru buat sekolahnya. Sekolah gak ngeluarin uang, saya dapat pengetahuan berharga : “Misteri isi sebuah cartridge” :) :)

CatatanĀ  :

1. Walaupun saya rasa aman untuk membuka cartridge, tapi tolong untuk berhati2. kalo ada apa2 saya gak tanggung jawab lo ya..

2. Gak semua masalah cartridge bisa diselesaikan dengan cara ini. Mungkin ada yang dengan cara lebih simpel, atau mungkin juga yang lebih rumit

40 Comments

  1. emang betul mas… sebenarnya ngisi katridge ya bagusnya dibuka itu.. kalau disuntik lewat lubang angin… bisa2 catridge masuk angin mas..
    itu seperti pengisian di counter yg besar2 lho. @30rb black, dan 50rb color. dia juga gak garansi kok.. catridgenya rusak.. dia garansi isinya doang…

  2. tuh kan,, berarti kita bisa hemat duit juga tuh.. (sorry ya para tukang service, bukan maksudku mengurangi sumber penghasilanmu, hehehe..)

    • gogot
    • Posted November 19, 2008 at 7:31 pm
    • Permalink

    tapi untuk be4rsihin head catrik gmna crany please jawab

  3. simpel aja. Rendam pake larutan khusus buat bersihin cartridge (banyak kok di toko2 komputer yang jual), ato pake air anget aja. tuang ke piring ato sejenisnya, ketinggian < 0,5 m. Celup ujung head (tempat keluar tintanya) selama 10 = 15 menit. Trus angkat n bersihin pake tisue. selama ini gw kaya giru dan berhasil…

    • wong_ndeso
    • Posted December 13, 2008 at 11:56 am
    • Permalink

    Mas nyuwun tolong, klo mau bongkar printer canon ip1880, kunci (titik2 pembuka) nya dimana y ??? aq mau bersihkan spon tinta yang ada di dalam, habis ini printer tetangga takut amburadul. Hehehe… matur nuwun loh mas…..

    • taufik
    • Posted January 29, 2009 at 7:54 am
    • Permalink

    siang
    kali printer ip 1880 jalanya kertas kemasukan benda al hasil kertas g mau keluar gmana?
    please balas ?
    ok

  4. wah…saya setuju tu..dgn konsep diatas, tp bro gimana solusi terhadap printer yg saat diprint hasilnya terputus-putus khususnya canon ip 1880…?gimana solusinya…soalnya printer jenis ini sering sekali bengek…dan ngulah…

  5. o..ya satu lg coy..kawanku pernah ngeredem catrik dengan besin…kemudian berhasil, apa bener tu ? soalnya setelah mendengar hal tersebut kawanku yg satu lagi nyoba juga tapi gak berhasil…terakhir catriknya dibakar…karena kesel,tolong commentnya ya?

  6. Thanks boz amin, buat share pengalamannya..
    buat kasus yang putus2 itu, memang gampang2 susah bro. Penyebabnya saya kira ada 2:
    1. Headnya kotor, tersumbat, sehingga suplai tinta tidak lancar. Solusinya ya bersihkan head dengan cara merendam (entah pake aer anget, airan khusus, bahkan bensin)
    2. Bisa juga busa di dalamnya.. jika busanya terlalu keras, atau terlalu banyak tinta yang mengendap, bisa menyebabkan terganggunya suplai tinta ke head juga. Solusinya, lepas, cuci bersih, keringkan, dan pasang lagi. Kalo perlu posisinya dibalik, biar lebih fresh.

    Dua alternatif di atas mungkin bisa membantu, walaupun gak 100% bakal sukses, karena saya sendiri pernah sukses tapi juga pernah gagal, tapi banyakan suksesnya kok.. :)

    • Radiptya
    • Posted April 29, 2009 at 7:55 am
    • Permalink

    mas klo tinta merah aja yang gak kluar tapi yang lain masih oke, cara ngatasinya gmana?? apa jg direndm pke air anget?

  7. Wah.. Wah..
    Aku lagi bongkar printer, manisku, kucingku, miaauw ku yg masih kecil nyemplung kedalam tempat cartidge jalan, padahal cartridge lagi bolak-balik, alhasil miauw kejepit, karet yang mirip gear lepas, plus pengaitnya..
    Tolong solusinya buat pemasangan karet. ip1880
    via email jg boleh
    thank’s 4 share ilmunya

    • tori_gmt
    • Posted July 28, 2009 at 9:02 am
    • Permalink

    kalo katridge mampet coba aja diisi paksa dengan tinta suntikan dan jangan ada lubang keluaran angin kecuali lubang bawah untuk keluarin tinta nanti pasti tinta muncrat dan lubang2 yg tersumbat pasti hilang

    • yuyud
    • Posted August 19, 2009 at 2:56 am
    • Permalink

    met siang semua,,,,,,,,,,
    mw tanya nih,,
    gimana kalw katrid hitam ip1880 ngeluarin tinta terus,
    padahal gak di pake,,,,,
    apa yang hrs di lakukan,,,,
    trimakasih bwt yang mw share pengalamanya,,,,

    • Ryan
    • Posted September 9, 2009 at 7:32 am
    • Permalink

    cartridge canon ip1880 warna hitam mampet apa solusinya harus direnadm pke air annget????????trims bwt yang mau sahare pengalaman

  8. mo coba moga2 berhasil

  9. Cartridge mampet penyebabnya bermacam2.
    1. Lubang bawah tersumbat kotoran atau tinta yang mengeras
    2. Sirkulasi tinta di dalam tidak lancar karena busa sudah terlalu basah.
    3. Ada gangguan pada sistem elektronik di dalam cartridge

    Solusinya:
    1. Rendam pake cairan khusus cartridge ataupun air anget. Cukup rendam bagian lubang bawahnya nya saja kira2 3-5 menit.
    2. Buka cartridge, ambil busa dan bersihkan pake air biasa, kemudian keringkan dan pasang kembali. Kalo perlu dibalik posisinya agar bagian busa yang bawah berganti.
    3. Untuk kasus yang ketiga, angkat tangan deh. Beli baru aja. ^^

    • Sentot
    • Posted November 10, 2009 at 6:27 pm
    • Permalink

    kalau dah direndam bawahnya tapi tinta gak mau keluar juga gimana bro???
    apa perlu dibongkar juga dalamannya dan dicuci semua busannya pakai air hangat??????

    • farid
    • Posted November 18, 2009 at 5:21 am
    • Permalink

    cartridge warna canon mp145 G detect. gimana solusinya??? Pls

  10. terimakasih tutorialnya,kebetulan lagi dapat masalah nih dengan 1880…

    • Rizal
    • Posted December 1, 2009 at 3:23 pm
    • Permalink

    sedikit tips buat canon 145 supaya catridge bisa kedetect lgi (masalah timbul biasanya sesudah merefill catridge)yaitu dengan menekan tombol reset selama -+5 second setelah itu kedetect lgi dech catridge. semoga berhasil :)

    • ery aja
    • Posted December 18, 2009 at 2:02 pm
    • Permalink

    mo nanya neh temen2, gimana ya cara bongkar printer canon 1880 untuk ngeringin busa pembuangannya …, pleaseee … di email juga monggo ….

    • arry
    • Posted January 27, 2010 at 6:48 pm
    • Permalink

    bos ane ada masalah dgn cartridge warna 1890…..pas di isi ulang cartridge g’ bisa kebaca oleh printer…
    gmna solusinya boss..??

    • arry
    • Posted January 27, 2010 at 6:50 pm
    • Permalink

    iP 1980 mksudnya bos….

    • mumtaz
    • Posted March 7, 2010 at 1:54 am
    • Permalink

    kang boleh di jelasin gak

    “ritual reset printer manual dan softwarenya”

    masalahnya saya sudah nyoba2 tu tapi blum berhasil… kali aja ritualnya akang bisa manjuur,, hhe

    help me please kang

    • Nassal
    • Posted May 21, 2010 at 3:14 pm
    • Permalink

    Mantap, makasih ya, w ug da msalh yg sprti itu, coba dlu ah

  11. memang membersihkan katrid printer yang mampet hrs sabar…

    • ana_yonae
    • Posted August 18, 2010 at 5:53 am
    • Permalink

    AAHAAA !! kaya’y saya perlu coba2 jg nech,,, coz printer saya agi bermasalah, msl’y yg catridge not installed properly tea tuh knp ya n gmn solusi’y ????

    hatur thank u,,,

    • Al-Rachman
    • Posted August 21, 2010 at 12:19 am
    • Permalink

    waduuh… gw malah g’ berhasil nih ngeluarin tinta warnanya… malah bukan direndam pakek air angat aja tapi pake deterjen pakaian lho… tau g’ gw bersihkannya pake Rinso… cartridge benar-benar bersih… tapii… tintanya g’ mau keluar lagi…. jd gimana doooonggg….

    • jumantoro
    • Posted August 24, 2010 at 3:32 pm
    • Permalink

    klo sy punya katrid ip 1880 nyang warna biru kalau di isi kok slalu mancur2 tuh mas permasalahanya apa ya?padal baru sebulan aku beli.tur ngisinya tinta juga gak banyak kok cuman 2 mili per lubangnya.sekiranya temen2 da yg tau sulisinya ndak.

  12. gan… minta tutorial cara bonkar casing ip1880 donk. . . printer saya terlanjur pasang sistem infus, tapi belum dipasang saluran pembuanganx. mohon bantuanx. thx b4, dan salam kenal…

  13. Kalau untuk printer canon ip 1980 sama pa g solusinya sama tipe printer yg d ulas d blog

    • Perdi
    • Posted March 10, 2011 at 9:20 am
    • Permalink

    manteb juga nih tips mkasih ya..
    mungkin sama aja ya buat canon mp250. ane udah coba rendem pake air hangat, trus ane bongkar tu catrid ane bersihin busanya n dikeringkan, tapi alhasil tetap aja tuh putus2 warna itemnya. kasih saran dong..!!! kirim ke email juga boleh gan..

    • S.Prihanto
    • Posted April 24, 2011 at 9:36 pm
    • Permalink

    Perkenankan saya untuk berbagi pengalaman,mungkin bisa menjadi solusi buat semua.Ternyata penyebab catride macet ada beberapa macam:Tersumbat atau tinta mengering,pengisian tinta terlalu penuh,Bergeser/rusaknya head catride,bak pembuangan yang sudah penuh.Dari pengalaman saya yang serba ingin tahu,solusinya sbb:
    1.Cara pertama rendam catride bagian head keluarnya tinta dengan air panas,jangan sampai menyentuh head electriknya
    2.Jika tidak keluar tinta/kotoran bongkar catride,keluarkan busanya,cuci bersih dengan air (yg tidak mengandung garam/keruh/kaporit/apalagi air sabun) karena head catride sangat sensitif dengan hal diatas
    3.Pasang busa yg sudah bersih,jangan terbalik karena tutup catride tidak akan tertutup rapat,isi dengan tinta sedikit dulu supaya meresap
    4.Cek dengan tisue yang dibasahi air panas,jika belum keluar berarti masih ada sisa kotoran,ulangi cara pertama,jika tetap tidak keluar,berarti kotoran itu dari dalam (serat busa yang lepas).Jika mau ambil resiko spt saya,keluarkan semua busa katride kemudian isi lubangnya dengan air panas,diamkan beberapa menit dan lihat hasilnya.
    5.awal pemasangan catride biasanya tidak kedetect,coba direset,
    6.Jangan menggeser catride dengan paksa karena akan menimbulkan karet roll akan lepas/patah pengaitnya.Jika terlepas bongkar printernya,pasang kembali karetnya.
    7.Catride yg tidak kedeteck biasanya karena pemasangan yang belum pas,coba lepas dan pasang lagi,setelah itu cleaning
    8.Tulisan yang terputus biasanya karena catride kotor,tinta habis,atau tinta belum meresap.Coba di clean berulang-ulang sampai berhasil,atau catride di goyang-goyangkan supaya tinta merata.
    9.Jika Catride tidak kedeteck juga,ada kemungkinan bak pembuangan penuh,solusinya bongkar printer,bersihkan bak pembuangan,atau bikin sendiri pembuangan tinta.Gampang kok 5 menit jadi.
    10.tinta keluar terus padahal tidak terpakai,kemungkinan (maap) pemakaian tinta palsu yang kadar kekentalannya kurang,atau bahkan berlebih yg menyebabkan tinta macet,atau adanya kebocoran pada head catride
    11.Jika kerusakan catride pada head electriknya lebih gampang lagi,tinggal beli catride baru
    Demikian pengalaman saya,Pengalaman diatas untuk print canon ip 1880,kerusakan yang ditimbulkan bukan menjadi tanggung jawab saya. Pertanyaan lain tentang canon hubungi email saya
    Semoga membantu,

    • Alvi
    • Posted September 21, 2011 at 2:09 pm
    • Permalink

    Perknalkan gan, ane alvi. Sya pnya prntr cnon ip 2700, klw sy atur print quality nya standard, hasil printnya putus2. Klau sya set high, hasilnya bagus, tpi prosesnya lmbat. Sdngkan sya cek cartridgenya dg tisu, tintanya OK, tpi mmng krng htam.mhon solusinya?

  14. gan klo tinta untuk 3 warna kadang2 tdk keluar apa solusinya,,,? wkt saya impus tinta berceceran pas catrige dipasang cetak cm 2 warna yg keluar tp kdg2 3 warna yg cm tidak kereng,,,mohon bantuannya agan2

    • andri
    • Posted December 27, 2011 at 3:35 pm
    • Permalink

    gan mau tanya catrige 3 warna klo tinta tidak keluar dari catrige apa solusinya…?soalnya wkt saya impus tintanya berceceran tp tidak kena yg ada tembaga koq,,,cm pas dicetak tinta cm keluar 2 warna aj a dari catrige 3 warna, kadang2 tinta mau keluar cm Kurang kereng..mohon bantuannya gan via email
    the_evildead57@yahoo.co.id

  15. gan sy mo tanya printer sy canon ip1880 pas sy nozzle check warna merah,kuning tidak keluar tetapi sy coba test pakai tisu halus di lap head / tmpt keluaran tinta dibawah ke 3 warna tsb keluar
    apa itu tanda cartridgenya rusak? apa ada solusi lain selain ganti baru?
    mohon bantuannya ya ini email sy d3v1l_boys@yahoo.com

    • arif
    • Posted August 27, 2012 at 9:27 am
    • Permalink

    sama dg yang atas gan sy mo tanya printer sy canon ip1880 pas sy nozzle check warna merah,tidak keluar tetapi sy coba test pakai tisu halus di lap head / tmpt keluaran tinta dibawah ke 3 warna tsb keluar
    apa itu tanda cartridgenya rusak? apa ada solusi lain selain ganti baru?
    mohon bantuannya ya ini email aq arif.subagiyo@gmail.com

    • juli end
    • Posted September 20, 2013 at 3:56 am
    • Permalink

    kalau mau bongkar printer iP1880 gimana ya? supaya bisa membersihkan pmbuangan tintanya.. soalnya dah kotor bgt.. trims

    • TiCtAc
    • Posted May 12, 2014 at 3:07 am
    • Permalink

    sip nih


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

