Skip navigation

Beberapa bulan yang lalu saya pernah mencoba koneksi internet menggunakan hp CDMA dengan bantuan kabel DKU-5. saya pake Nokia 2280. Setelah mencoba2 setting internetnya, ternyata lancar.. lumayan juga koneksinya, mungkin karna rumah saya dekat sekali dengan tower Indosat. hehe..

Beberapa hari kemudian temen saya pengin nyoba juga, dia minta bantuan saya karena mungkin dia anggap saya sudah pernah melakukannya dan berhasil. Namun pada saat saya setting koneksi internetnya, ternyata gagal. Pada saat dilakukan dial tiba-tiba komputer hang. Beberapa kali saya ulangi tetap saja masalah yang sama. Hari-hari berikutnya saya juga sering menemui kasus seperti ini.

Saya jadi heran mengapa terjadi demikian. usut punya usut, ternyata penyebab ke-hang-an pada saat dialing itu adalah spesifikasi hardwarenya. Komputer saya – yang sukses buat koneksi internet – adalah komputer Pentium II dengan Motherboard dan Processor sejenis, Intel. Nah yang terjadi dengan komputer yang ternyata hang pada saat dilakukan dialing, ternyata adalah komputer2 rakitan (seperti kebanyakan komputer sekarang), dimana processor dan mother boardnya berbeda merk dan developer. Sangat dimungkinkan hal ini yang menjadi penyebab utama keagalan koneksi internet dengan kabel DKU-5. Buktinya dengan menggunakan laptop (yang kebanyakan adalah Built-up) koneksi internet dengan kabel DKU-5 aman-aman aja tuh.

Saya sendiri belum menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, selain mengganti komputer dengan yang non-rakitan, atau dengan menggunakan kabel konektor lain (selain DKU-5), misalnya kabel CA42.
Itulah pengalaman saya dengan koneksi internet menggunakan hp CDMA dengan kabel dku-5, moga2 bermanfaat buat pembaca sekalian. PISS..

32 Comments

    • korban_hang
    • Posted May 14, 2008 at 11:28 am
    • Permalink

    Salam kenal sblmny

    begini ceritanya ^^…

    saya coba konek hp (21161/Tracphone) + kabel dku 5 25 ribuan. pertam instal di leptup si gak ad masalah lancar2 aj, ttp ketika ingin di coba di PC di rumah (tentuny dgn proses yg sama sprt d leptup) pas masuk dialing.. kompi ny hang dah di coba berkali2 hasil ny ttp sama. kebetulan tmn ada yg pake juga (hp+dku5 sama) utk konek jg, di kompi ny bisa konek ttp pas di coba ke leptup tmn saya hang spert yg ad di pc sy.. solusi……

  1. Salam kenal juga..

    Apakah PC anda rakitan? jika iya itulah masalahnya.

    Trus kalo di Laptop temen anda hang juga, dari pengalaman saya, dugaan saya mungkin:
    1. Ada masalah dengan kabelnya (biasa, kabel DKU5 yang “tembakan” kan gitu)
    2. Mungkin temen anda pake Laptop rakitan juga (semacam Ax*o, dll)

    Moga bisa membantu ^^

    • korbang_hang
    • Posted May 23, 2008 at 1:56 pm
    • Permalink

    Owh biji gitu ya…
    dugaan saya sih sama sepertinya kabelny yg bermasalah, tp leptop tmn sy merk ny HP (masa rakitan T_T). Eh btw “dll” itu merek leptop baru y, lom prnah liat sik ehuehehehe. . .

    • wahyu priambodo
    • Posted June 11, 2008 at 10:44 pm
    • Permalink

    Saya memakai jaringan sama teman2, sebelum menggunakan internet kami ga ada masalah. tetapi setelah masuk internet, komputer kami banyak yang suka hang saat browsing/tidak (jikalau network tidak dibuat “disable”) apakah itu karena kekuatan PC masing2 atau dari koneksi internetnya? kami memakai Speedy saya kurang tau tipenya, tapi kami membayar yang 750 ribu per bulan (dipakai atau tidak dipakai) terima kasih

  2. di laptop ku acer inspire 5572 sama

  3. wah gak ada solusinya ya?
    saya lagi nyoba cdma starone di laptop (bukan rakitan) tapi selalu hang saat dialing.

    laptop saya intel dual core.

  4. mungkin di coba aja pake kabel selain dku-5, saya pernah juga kaya gitu, trus saya ganti dku-5 nya dengan CA42, dan bisa.

    Mungkin dugaan saya sebelumnya yang menyatakan kalo salah satu penyebab hang itu adalah komputer rakitan, masih perlu penyelidikan lebih lanjut. he..

    Mungkin ada yang punya pengalaman lain?

  5. sama….. gw juga sering gitu.. terutama CA-42 yang drivernya usb2vcom.sys

    kalo yang usb to uart kagak……

    kenapa ya?:-/

    • pujangga
    • Posted November 16, 2008 at 7:10 pm
    • Permalink

    sejauh ini gw juga punya pengalaman yang sama.Tapi rata rata masalahnya terjadi pada mainboard ASUS.khususnya yang support HD SATA.tapi untuk yg lain lancar lancar aja.baik itu menggunakan Kabel DKU 5/CA 42

    • Smail
    • Posted January 15, 2009 at 1:46 pm
    • Permalink

    Lenovo Y410 7750 hang juga saat koneksi pake DKU-5 USB to UART.

    Need Help…!!

    • andi
    • Posted March 4, 2009 at 3:16 am
    • Permalink

    komputer gw spek dual core 2160, mobo ecs gf7100, ram 1 gb.
    tp msh hang wkt dial internet pke dku 5..
    pake modem hp k750i jga sama hangnya..
    gmn ada yg tw solusinya..

  6. Rumit juga ya..
    Kadang emang bisa masalah hardware komputernya, tapi kadang juga faktor kondisi kabelnya. Pernah temen saya berhasil setelah ganti kabel dengan tipe yang sama.
    Pokoknya coba aja segala kemungkinan, manfaatkan teman2 di sekitar anda untuk berbagi ilmu dan berbagi peralatanšŸ™‚

    • Galuh
    • Posted March 11, 2009 at 1:22 pm
    • Permalink

    Dah 2x aku nemuin hang,tp kykna ini ulah virus.Cobd d format Windws lg.Insya Allah manjur

    • j4p
    • Posted July 30, 2009 at 9:26 am
    • Permalink

    Kabel DKU-5 & CA-42 yang ada di pasaran biasanya menggunakan 2 macam chip USB to UART.
    Jika saat pertama kali anda menancapkan kabel data ke USB yang terdetect adalah USB to serial port, berarti kabel data anda adalah yang tipe Prolific USB2Serial Comm Port. Driver yang dipakai adalah ser2pl.sys dan serenum.sys. Kabel jenis ini tidak bermasalah & OK untuk internetan.

    Jika yang terdetect adalah USB to UART, berarti chip yang dipakai adalah ArkMicro USB 2 Serial Port. Driver yang dipakai adalah serenum.sys dan usb2vcom.sys. Kabel ini SANGAT bermasalah, modem bisa QUERY tapi saat dial-up bikin PC hang!!!.
    Saya sudah coba cari & download driver usb2vcom.sys ke manufakturnya (versi terakhir 2.0.6) tapi masih saja bikin hang. Problem masih belum SOLVED!. Saya curiga kalau ada IRQ yang konflik & tersangka utamanya adalah file driver usb2vcom.sys.

    Jadi saran saya, kalau ada yang mau beli kabel data, cek dulu tipe IC nya, kalau dapet yang ArkMicro siap2 nangis bombaišŸ˜€

    • sulistiyo
    • Posted August 11, 2009 at 10:03 am
    • Permalink

    aku juga punya kejadian seperti itu aku pake kabel dku-5 yg bisa charge aku jalanin di win xp spek kompi pentium 3 bisa jalan gak pake hang, tapi begitu aku pasang di pentium 4 kompi ngehang juga dipasang di laptop acer4520 ngehang juga tapi kalo di ubuntu 8.04 lancar2 saja
    aku kira drivernya gak support untuk usb 2.0 di win xp

  7. Betul sekali memang pada saat koneksi terutama pada saat dialup suka hang
    Coba saya tebak yang hang itu biasanya pake dualcore, core 2duo dan intel atom
    memang sudah saya coba ke semuanya memang hanya prosesor yang mendukung adalah p3, p4, p2 juga bisa tapi lemott jika kurang jelas silahkan hub 081320535000 (DERRY)

    • Medy
    • Posted October 6, 2009 at 1:05 am
    • Permalink

    apa karena kecepatan usb yg tidak sesuai ya penyebabnya,kalo pentium 4 kebawah kan menggunakan usb1.0 kalo kecupatan usb yang versi 2 di turunkan kecepatanya menjadi 1.0 lewat bios gmn hasilnya..?

    • Danang
    • Posted October 8, 2009 at 2:40 pm
    • Permalink

    Iya nih
    ak pnya usb to uart dan masalah yg sama
    udah ada yg pny driver yg sesuai blm?
    Supaya tidak hang lg ketika diak…:(

    • dani
    • Posted October 10, 2009 at 9:58 am
    • Permalink
    • Aslan
    • Posted October 21, 2009 at 1:20 am
    • Permalink

    Betul sekali, kalo kita menggunakan DKU 5 USB to UART untuk internetan dengan HP CDMA Nokia pada proc. Dual Core ato AMD Turion X2 pasti hang saat dialup. Saya sudah berulang kali mencobanya pada proc Dual Core, Intel Atom, dan AMD Turion X2. Untuk solusinya coba beli kabel NOK-7 (tapi saya belum coba lho, menurut referensinya sih bisa giiituuu lho)
    Kebetulan lapie saya Acer 4535 Turion X2 ram 3GB sengaja ramnya langsung diupgrade biar enak pake win 7 dan biar enak menggunakan virtual pc (vmware ato virtual box) untuk menggunakan beberapa OS sekedar untuk nyoba2 software baru. Nah dengan lapie saya yang baru itu saya install windows 7 beta (bisa aktif sampe 2012 katanya) sambil menunggu versi final bajakannya he..he..he.. (biasa nggak modal) sebagai HOST SYSTEM trus saya install virtual pc vmware workstation 6xxx. Pada win7 kalo kita tancepin kabel DKU 5 terdeteksi found USB to UART (saya sengaja tidak/belum install drivernya). Di virtual pc nya saya install window xp sp3 sebagai GUEST SYSTEM dengan hdd 12 GB dan RAM 1 GB. Ternyata pas DKU 5 ditancepin yang terdeteksi found USB device doang dan saya install driver dari CD bawaannya tanpa PCSuite, setelah itu setting modem nokia CDMA 6225 dan internet connection, trus dialup ……… berhasil……

  8. Betul kata mas sulistiono, Drivernya ga suport. Saya pakai di Acer Aspire One saat dial up langsung Hank, Tapi di Axio Lancar…car..car…

    • Edy
    • Posted November 16, 2009 at 11:08 am
    • Permalink

    Komputer hang, untuk dku-5 terjadi untuk generasi setelah 478 kesini, yang sebelumnya normal, saya coba pakai DKU-5 (dikenali sebagai CA-42 dengan driver Nokia) normal, tapi pakai yg s/n WR048000317 hang (dilengkapi charger)

    • Xstyle
    • Posted January 10, 2010 at 1:40 pm
    • Permalink

    buat rekan2 semua, yg hang dgn USB to UART, sebenare itu cm kompabilitas driver dan hardware chipset mainboard crash dengan driver dari DKU 5 arau CA-42 (chipset USB to UART). Sampai saat ini sy jg belum tau solusi masalah ini, crash ini terjadi biasanya pada chipset2 baru (jadi bukan masalah itu pke intel atau AMD ataupun merk2 mainboard-nya). Klo ingin aman, cari kabel DKU5/CA42 yang ori…. atau pke USB to profilic… dia kompatibel dgn berbagai chipset mainboard. Saat ini sya pke USB to UART DKU5 dg HP Nokia 2116i, dan komputer AMD Le1640/ board chipset NV78 (GF8200)….

    • rony
    • Posted January 27, 2010 at 4:39 am
    • Permalink

    laptop saya ga bisa minta driver dku 5 saat di tancapkan tp di kompi bisa mohon bantuannya thanks…

    • abdi afrianto
    • Posted February 8, 2010 at 10:49 am
    • Permalink

    bos wa mau tanya nih sedikit sbelum menginstal ..kalo win7 support gak ke dku 5.itu aja bos trima kasih atas tanggapan nya..tolong balas ke email wa bos..assalam mualaikum

    • xstyle
    • Posted February 8, 2010 at 1:48 pm
    • Permalink

    win7 support bos, ak jg pke Acer 4732Z + Win7 Ultimate 32bit …. nanti instal kabel DKU 5-nya manual, langsung diarahkan ke drivernya ketika kabel ditancapkan dan found new hardware.seterusnya sama aja.

    • ahmad
    • Posted February 20, 2010 at 1:53 pm
    • Permalink

    saya pakai DKU-5 dipakai komputer P4 lancar – lancar aja, ketika saya pakai laptop toshiba Satelit L310 langsung hang, beberapa hari bingung tanya pada teman tak ada yang bisa cari solusi,ketika saya baca diblok ini langsung cari kabel CA-42 bajakan merk CELLUER ONE , seltelah saya instal tidak heng lagi, betul DKU-5 yang aku pakai ketika aku tancapkan terbaca USB to UART tapi CA-42 merk celluler One terbaca USB to SERIAL

    • indy
    • Posted March 4, 2010 at 9:30 am
    • Permalink

    KAbel yg pake chip Arkmicro driverya nga komp ama proc jenis baru, kemarin coba p4 511 2.8mhz-533 mau terus pake d507j 3.2mgh HT nga mau

    • xstyle
    • Posted March 4, 2010 at 7:35 pm
    • Permalink

    maaf bos, itu BUKAN MASALH PROSESORNYA apa … tapi masalah CHIPSET mainboardnya, USB to UART todak kompatibel di chipset INTEL 915,925,945,955,965,G31,G35,G41,G45 dst … , NForce 5xx, Nforce 6xx, NForce 7xx, Nforce 8xx, ATI RS6xx, 7xx, 8xx … jadi bukan maslah prosesore, jasi misalpun pake Core 2 Duo 6600 + Mainboard VIA P4M890 gak masalah …. tapi kalau pake P4 2,4 + intel 945 … tetep crash dan blue screen. Untuk CDMA saya sarankan beli modem, mulai 275rb dah ada, klo terpaksa harus pake HP, ya pake kabel data CA42 atau DKU 5 yg berchip USB to SErial (Profilic), cara ngeceknya ya dicoba dulu di USB kompie kit, gmn ndetectnya ….

  9. weleh2,,,,,jadi ini toh yg jadi penyebab hang kompie ane….

    pantesan gagal mulu, padahal di laptop jadul bisa…

    terimakasih infonya

    • rizal
    • Posted July 27, 2010 at 2:46 am
    • Permalink

    met pagi…mo tanya,kalo acer seri 4535 dengan spec amd turionX2, IC RAm nya berapa?apakah 8 atau 16?
    karna kalo kita mau nambah RAM tapi IC nya ga sesuAI, katanya bisa hang, ditunggu jawabannya…trma kasih…

    • khenzhi
    • Posted November 17, 2010 at 2:10 pm
    • Permalink

    Bro.
    PC rakitan ataw bukan rakitan (Built up) bukanlah penyebab masalah hang.
    karena ane pakai PC yg dirakit sendiri, hasilnya tidak Hang, dengan menggunakan kabel Original Nokia CA-42 untuk nokia 2116.

    tetapi saat ane tes pakai kabel bajakan yg seharga 40.000 dengan tipe yang sama,
    itu tidak support.
    kabel terdeteksi Prolific USB.
    login hanya bertahan paling lama 1 menit, lalu Hang.

    Sekian info yg ane alami.
    semoga bermanfaat


Leave a Reply

