Skip navigation

Di dunia ini ada satu diantara sekian hal yang sangat aku benci, dan apesnya, harus aku jumpai setiap hari. Aspal jalanan di negaraku yang gak kunjung ada perbaikan. Ada beberapa macam gangguan yang ada di aspal di jalanan di negaraku, pertama, gundukan akibat lubang galian TELKOM, kedua ketidakrataan yang disebabkan tidak sempurnanya perbaikan setelah pembongkaran pipa PDAM, ketiga adalah perbaikan jalan berlubang yang “seadanya”.

Ironisnya, semua ketiga masalah di atas (sebenarnya banyak masalah lain lagi) ternyata bersumber dari perusahaan yang dimiliki negaraku ini sendiri, BUMN. Siapa sih yang gak kenal TELKOM dan PDAM. Ok mari kita kupas satu-satu.

Pertama, Lubang Galian Telkom

Yang pertama inilah yang telah membuatku jatuh tersungkur mencium aspal. Waktu itu hujan deras, aku pulang kuliah jam 3an, dari Malang ke Batu. Di depan Kampus UMM aku terpaksa jumping karena roda motorku membentur penutup lubang galian TELKOM. Sialan. Kenapa sih musti ditinggikan??? tingginya tuh berkisar antara 10-20 cm dari permukaan aspal di sekitarnya. Hampir semuanya seperti itu. Lucunya, pernah aku jumpai di suatu jalan yang baru aja diaspal sehingga penutup lubang telkom itu rata dengan aspal. Selang beberapa bulan, mungkin karena ada perbaikan saluran komunikasi, lubang itu dibongkar dan (Damn…) saat mengembalikan posisi penutupnya dibuat lebih tinggi lagi (10-20 cm) dengan pinggir2nya ditutup dengan semen.. What a ???

Kedua, Lubang bekas renovasi pipa PDAM

Ini emang gak separah yang pertama, tapi sangat mengganggu karena biasanya dijumpai selang 20m di suatu ruas jalan. Biasanya menjorok hingga ke tengah jalan. Emang pas baru diaspal keliatan rata, tapi  setelah beberapa minggu, keliatan beda kualitas antara aspal jalan dan aspal yang dibuat untuk menutup lubang. Aspal tambalan itu anjlog sehingga menimbulkan lubang2 yang sangat mengganggu. Kenapa sih, ngaspalnya asal2an???

Ketiga, perbaikan jalan berlubang yang “seadanya”

Mungkin ini juga sering kita jumpai, Biasanya apabila ada retakan sedikit di jalan, atau mungkin lubang yang menganga cukup lebar bahkan, setelah terbengkalai beberapa lama akhirnya ada juga proyek perbaikan jalan. tapi celakanya, perbaikannya gak bener. Cuma dikasi cairan aspal dikit, kemudian di taburi batu kerikil lembut. trus di tekan2 dikit pake mesin kecil.. Yang kaya gini ni, maunya perbaikan tapi malah mengganggu kebanyakan orang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: